
Sebagai bentuk keseriusan dalam penyelenggaraan layanan publik yang ramah terhadap kelompok rentan, selain pemenuhan sarana dan prasarana yang memadai dan memenuhi kaidah aksesibilitas. Loka Rehabilitasi BNN Batam juga melakukan peningkatan kemampuan dalam hal ini yang berkaitan dengan kompetensi/pengetahuan seputar pemberian layanan kepada kelompok rentan khususnya masyarakat yang memiliki kebutuhan khusus (disabilitas).
Salah satu nya yakni melalui Bimtek Layanan Ramah Kelompok Rentan yang diselenggarakan dengan mendatangkan narasumber yang merupakan tenaga ahli tuna rungu dari SLB Negeri Batam. Bimtek ini merupakan awal pengenalan terkait bagaimana kita melayani masyarakat berkebutuhan khusus, pemahaman tentang ragam disabilitas serta hal-hal apa yang perlu dikuasai oleh petugas layanan publik dalam memberikan pelayanan kepada saudara-saudara kita yang mengalami disabilitas.
Nanti nya kegiatan ini akan dilanjutkan dengan pelatihan orientasi mobilitas dan pelatihan keterampilan juru bahasa isyarat yang akan diadakan rutin tiap minggu dan diikuti oleh petugas layanan yang telah ditunjuk dan nantinya akan bertugas sebagai petugas pendamping kelompok rentan di lingkungan Loka Rehabilitasi BNN Batam.