SYARAT DAN KETENTUAN CALON KLIEN

DI LOKA REHABILITASI BNN BATAM

  1. Usia minimal 12 tahun dan maksimal 49 tahun. Di luar usia tersebut, ditentukan oleh keputusan tim penerimaan.
  2. Korban penyalahguna narkoba yang ditandai dengan hasil urine positif atau memiliki riwayat penyalahgunaan dalam dua belas (12) bulan terakhir yang dibuktikan dengan surat keterangan dari rumah sakit / institusi pemerintah atau swasta.
  3. Untuk calon klien wanita, tidak sedang dalam keadaan hamil.
  4. Tidak ada diagnosa gangguan jiwa berat, ditentukan oleh hasil pemeriksaan medis atau jika dibutuhkan melalui surat keterangan dari dokter spesialis kejiwaan / psikiater.
  5. Tidak memiliki cacat fisik atau penyakit kronis / akut yang dapat mengganggu proses rehabilitasi.
  6. Calon klien wajib diantar oleh keluarga / wali sebagai penanggung jawab selama residen menjalani rehabilitasi di Loka Rehabilitasi BNN Batam.
  7. Penanggung jawab yang tidak tertera di dalam KK (Kartu Keluarga) klien, wajib menyertakan surat kuasa dari orangtua atau pasangan yang sah.
  8. Calon klien yang berasal dari kiriman instansi pemerintah atau swasta harus membawa surat pengantar resmi dari instansi / organisasi tersebut.
  9. Calon klien dengan status siswa atau mahasiswa wajib menyertakan surat cuti akademik.
  10. Calon klien yang bekerja sebagai ASN/ POLRI/ TNI/ Swasta wajib menyertakan surat cuti kerja.
  11. Calon klien wajib mengikuti rehabilitasi di Loka Rehabilitasi BNN Batam sampai dengan selesai program.
  12. Keluarga wajib menghadiri pertemuan yang dijadwalkan oleh petugas Loka Rehabilitasi BNN Batam antara lain Family Dialogue (FD), konseling keluarga, Family Support Group (FSG), kunjungan keluarga, dan sebagainya.
  13. Perlengkapan administrasi WAJIB calon klien, antara lain :
    1. Fotokopi KTP Calon Klien
    2. Fotokopi KTP Penanggung jawab
    3. Fotokopi Kartu Keluarga (KK)
    4. Pasfoto calon klien berwarna ukuran 4×6 sebanyak 2 lembar
    5. Kartu Indonesia Sehat (KIS / BPJS Kesehatan) Asli
    6. Materai Rp. 10.000,- sebanyak 6 lembar
    7. Surat Keterangan Kejiwaan dari psikiater (jika diperlukan)
    8. Surat cuti kerja bagi calon klien ASN/ POLRI/ TNI/ Swasta
    9. Surat cuti akademik bagi calon klien yang masih sekolah atau kuliah
  14. Perlengkapan pribadi calon klien :
    1. Masker kain 3 lapis = 4 buah (bukan berbahan scuba)
    2. Celana Pendek ¾ (tidak berbahan Jeans dan tidak bertali) = 3 buah
    3. Handuk = 2 buah
    4. Pakaian Dalam = 10 buah
    5. Perlengkapan Ibadah (Sarung, Baju Koko, Peci, Sajadah, Alqur’an, Perlengkapan Sembahyang, Kitab Suci / Buku Agama lainnya)
    6. Sandal Jepit = 1 Pasang
    7. Kemeja Putih = 2 buah
    8. Ikat pinggang = 1 buah
    9. Celana Kain Hitam Panjang = 2 buah
    10. Kaos Dalam /singlet = 3 buah
    11. Celana Training Panjang = 2 buah
    12. Sepatu Casual = 1 pasang
    13. Snack Kecil Tambahan (Kemasan bukan kaleng dan bukan kaca) secukupnya

UPDATE !! per 25 Mei 2020

Beberapa persyaratan dan prosedur tambahan untuk pendaftaran calon klien rehabilitasi rawat inap selama masa pandemi Covid-19, antara lain :

  1. Bagi keluarga calon klien harus mendaftarkan dan mengunggah berkas-berkas persyaratan online terlebih dahulu di alamat / link berikut https://lokarehabbatam.bnn.go.id/pendaftaran-online/
  2. Setelah melakukan pendaftaran dan upload berkas melalui link pendaftaran online di atas, petugas bagian informasi kami akan melakukan wawancara penyelidikan epidemiologi terkait Covid-19 bagi calon klien melalui sambungan telepon;
  3. Berkas tambahan yang diperlukan bagi pendaftaran calon klien selama masa pandemi Covid-19 antara lain :
    1. Hasil skrining Covid-19 dengan metode Rapid Diagnostic Test (RDT) Antigen maksimal 2 hari sebelum jadwal penerimaan yang telah ditentukan (harap berkonsultasi terlebih dahulu dengan petugas di bagian informasi kami sebelum menjalankan skrining Rapid Test Covid-19);
    2. Hasil pemeriksaan kesehatan oleh dokter yang memiliki SIP dari Klinik / Rumah Sakit setempat, dan minimal memuat / melampirkan hasil pemeriksaan rontgen Thorax PA (khusus untuk calon klien rehabilitasi yang berasal / berdomisili di luar Provinsi Kepulauan Riau)
  4. Calon klien rehabilitasi HANYA dapat kami berikan jadwal kedatangan setelah seluruh prosedur dan persyaratan yang ditentukan dinyatakan telah lengkap dan sesuai.

Demikian informasi tambahan terkait prosedur dan persyaratan pendaftaran calon klien rehabilitasi rawat inap selama masa pandemi Covid-19, jika ada informasi yang kurang jelas dapat menghubungi pertugas bagian informasi kami di sambungan telepon / Whatsapp di nomor 081371005848